Magister Farmasi Industri

Kompetensi Lulusan | Kurikulum | Registrasi | Staf Dosen

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah mewarnai pengembangan obat-obatan terutama dalam bidang formulasi, teknologi produksi, dan pengawasan mutu obat yang telah melibatkan aplikasi peralatan dan metode yang semakin canggih dan kompleks. Hal ini juga telah diikuti dengan perkembangan regulasi dalam bidang kefarmasian, khususnya regulasi dalam bidang industri. Proses globalisasi dalam berbagai dimensi kehidupan, juga berdampak terhadap terjadinya globalisasi dalam bidang farmasi melalui harmonisasi pada tingkat regional dan global.

Menghadapi tantangan ini, dibutuhkan tenaga-tenaga farmasis profesional yang memiliki bekal kemampuan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi industri farmasi. Kemampuan yang dituntut dari seorang farmasis oleh industri farmasi dewasa ini hanya dapat dipenuhi melalui pemberian dasar keilmuan kefarmasian yang kokoh, yang difokuskan pada aspek-aspek yang berhubungan dengan aspek produksi dan pengawasan mutu obat.

Sekolah Farmasi ITB telah membuka Program Studi Magister Farmasi Industri sebagai upaya mempersiapkan sumberdaya manusia yang memiliki kompetensi lebih bagi industri farmasi. Program Studi Magister Farmasi Industri didukung oleh kepakaran dan jaringan yang kuat serta kemitraan ITB dengan industri farmasi dan badan otoritas regulasi, baik dalam maupun luar negeri.

Tujuan Program

Program Studi Magister Farmasi Industri bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas tinggi, profesional dalam mengelola kegiatan  rutin , dan pengembangan di industri farmasi berbasis IPTEK mutakhir.