Enter your keyword

Frequently Asked Question (FAQ)

Q : Untuk SKS Praktek Profesi Farmasi (PPF), apakah bisa diklaim juga SKS MBKM nya?

A : Bisa, PPF ini bisa diklaim SKS MBKM kalau tempat magang PPF sudah ada bentuk kerja sama dengan SF (sudah ada MoU). Syaratnya harus ada surat kesepakatan kerjasama dengan mitra. Jadi tidak boleh hanya salah satu pihak saja. Nanti, tim MBKM SF akan melakukan pendataan perusahaan yang sudah ada kerja sama dengan kita, dan akan ditampilkan perusahaan-perusahaan yang bekerja sama dengan SF di website MBKM. Jika sudah punya MOU, Mahasiswa bisa klaim SKS MBKM di semester pendek. Kalau tidak bisa diklaim, masih tersedia 2 SKS PPF.

Q : Apakah memenangkan perlombaan dapat meng-klaim SKS MBKM?

A : Bisa, Pemenang lomba bisa diklaim SKS MBKM. Ada mata kuliah yang bisa diklaim untuk MBKM (1-2 sks). Permasalahannya, SKS MBKM tersebut hanya berlaku untuk 1 kali pemenang lomba saja

Q : Apakah boleh meng-klaim SKS MBKM untuk kegiatan asisten yang sudah dilakukan di semester sebelumnya?

A : Agak memberatkan, soalnya harus ada surat persetujuan dari prodi. Syarat yang bisa diklaim MBKM : harus ada pihak ketiga (institusi/perusahaanlain). Kalau asisten di ITB seperti asisten lab, tidak bisa diklaim.

Q : Mitra Perguruan Tinggi/ Perusahaan bisa dilihat dimana ya?

A : Nanti bisa dilihat di website MBKM. Perguruan tinggi yang menerima pertukaran pelajar hanya menerima mahasiswa dari PT yang terakreditasi A. Misalkan, mahasiswa mau mengambil kuliah di universitas lain (akreditasi A), SKS MBKM bisa diklaim sebagai mata kuliah pilihan. Untuk Industri, Banyak Industri yang sudah bekerja sama dengan SF ITB.