Enter your keyword

Pengenalan MBKM SF-ITB

Judul Kegiatan

DIGITALISASI FARMASI: PENINGKATAN KONTRIBUSI MAHASISWA SEKOLAH FARMASI ITB DALAM MENGHADAPI INDUSTRI 4.0 ATAU MASYARAKAT 5.0

Latar Belakang

Saat ini tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa farmasi adalah pesatnya perkembangan informasi dan teknologi. Penerapan big data seperti pada smart devices atau aplikasi ponsel yang dapat melakukan monitoring kondisi kesehatan saat ini berkembang dengan pesat. Perkembangan Teknologi Informasi membuka peluang-peluang baru dalam layanan kefarmasian. Sistem layanan kefarmasian yang inovatif ini akan memperluas jangkauan layanan, lebih efisien dan dari segi biaya akan lebih efektif. Pembelajaran transdisiplin diharapkan akan membekali mahasiswa untuk berkontribusi dalam meningkatkan kemandirian dalam obat dan peralatan pendukung dalam produksi dan penjaminan mutu obat.

Tujuan dan Dampak

Tujuan umum dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan farmasi yang mampu berkontribusi terhadap kesejahteraan dan kesehatan bangsa Indonesia.
  2. Menghasilkan lulusan farmasi yang berkualitas, beradab, serta profesional.
  3. Menghasilkan lulusan farmasi yang mampu bersaing secara global dalam menghadapi tantangan industri 4.0 atau masyarakat 5.0.
  4. Menghasilkan lulusan farmasi yang memiliki kepekaan yang tinggi terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat, dan berkontribusi dalam pemecahan khususnya yang terkait dengan bidang Kesehatan.
  5. Memperkuat learning outcome dan kompetensi lulusan Sekolah Farmasi

 

Dampak dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  1. Masyarakat akan merasakan secara langsung pemanfaatan ilmu pengetahuan farmasi untuk peningkatan kesejahteraan dan kesehatan bangsa.
  2. Meningkatnya softskill dan hardskill mahasiswa .
  3. Meningkatkan kontribusi perguruan tinggi dan mahasiswa dalam menemukan solusi permasalahan kesehatan dan sosial yang ada di Indonesia.
  4. Menghasilkan berbagai output yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti aplikasi monitoring kesehatan dan informasi kesehatan yang komunikatif.

 

Dokumen terkait Pengenalan MBKM SF-ITB

Buku Panduan  : Buku Panduan MBKM-SF

Presentasi        : Pengenalan MBKM-SF

Notulensi         : Notulensi MBKM-SF