Sains dan Teknologi Farmasi

Learning Outcomes | Modules | Pedoman Penulisan

Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi, mencakup berbagai aspek yang berhubungan dengan produk farmasi mulai dari pencarian/penemuan, pengolahan dan pengembangan bahan baku hingga menjadi sediaan farmasi yang siap digunakan. Dalam arti lain, program studi ini berorientasi kepada pengembangan sains dan teknologi farmasi atau pendekatannya bersifat product oriented untuk memenuhi kebutuhan tenaga riset, pengembangan, produksi dan pemeriksaan produk farmasi dan alat kesehatan.

Kompetensi Lulusan

Lulusan program studi sarjana (S1) Sains dan Teknologi Farmasi diharapkan dapat mengisi kebutuhan yang ada di masyarakat pada saat ini, yaitu memiliki kemampuan untuk menerapkan serta me-ngembangkan sains dan teknologi untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsi pekerjaan di bidang produksi, pengawasan mutu, penelitian dan  pengembangan produk-produk farmasi.

Sejak tahun 2006 Program Studi Sains Dan Teknologi Farmasi Sekolah Farmasi ITB membuka Kelas Internasional untuk menjaring calon mahasiswa dari luar Indonesia yang berminat untuk melanjutkan studi di Sekolah Farmasi ITB melalui seleksi.

Visi:

Menjadi penyelenggara program pendidikan sarjana farmasi yang unggul dalam bidang ilmu dan teknologi  farmasi di tingkat nasional dan internasional.

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi sains dan teknologi farmasi yang bermutu tinggi dan unggul.
  2. Menyelenggarakan dan mendiseminasikan penelitian yang inovatif, kompetitif dan berkesinambungan dalam bidang farmasi dan kesehatan, khususnya kontribusi dalam pemberdayaan obat bahan alam Indonesia.
  3. Menerapkan hasil penelitian dan perkembangan pengetahuan terkini dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat.

Tujuan:

  1. Menguasai ilmu dan teknologi farmasi yang mencakup konsep teoritis, kinetika, mekanisme kerja, serta hubungannya dengan sifat fisiko-kimia dan aktivitas biologis obat dan sediaan farmasi lainnya.
  2. Menghasilkan lulusan yang inovatif dan mampu berkontribusi dalam upaya pencarian dan pengembangan sediaan farmasi yang aman, efektif, bermutu, dan terjangkau.
  3. Mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang terkait dengan perancangan, pembuatan, penjaminan dan pemantauan mutu, serta distribusi sediaan farmasi.

Kurikulum

STF 1-2 STF 3-4 STF 5-6 STF 7-8