Enter your keyword

Kelompok Keilmuan Farmakokimia

Pimpinan dan Staf | Fasilitas | Penelitian | Roadmap

Kelompok Keilmuan (KK) Farmakokimia terdiri dari dua subkelompok keilmuan utama, yaitu: Farmasi Analisis dan Kimia Medisinal. Sumber daya Kelompok Keilmuan mendukung semua rangkaian kegiatan penelitian di bidang Farmasi Analisis, Kimia Klinik, Analisis Mikrobiologi, Analisis dan Keamanan Makanan, dan Kimia Medisinal.

Program Unggulan Bidang Pendidikan/Pengajaran

Dalam bidang pendidikan KK Farmakokimia mengembangkan matakuliah-matakuliah untuk program sarjana Sains dan Teknologi Farmasi dan program sarjana Farmasi Klinik dan Komunitas, dan program studi teknologi kesehatan yang akan dibentuk dengan isi yang sesuai dengan perkembangan IPTEK dan perkembangan penelitian di Farmakokimia ITB, serta sesuai dengan tuntutan kompetensi yang dibutuhkan di dunia kerja. Memfasilitasi ilmuwan untuk memperdalam ilmunya melalui program magister atau doktor dalam bidang farmasi analisis, kimia medisinal, toksikologi analisis, serta analisis dan keamanan makanan.

Program Unggulan Bidang Penelitian

  1. Pengembangan dan validasi metode analisis sediaan farmasi maupun produk makanan yang mengandung berbagai komponen zat aktif atau nutrisi, serta analisis kontaminan.  Hal ini berkaitan dengan kesulitan yang dihadapi oleh industri farmasi dan industri makanan.
  2. Desain, sintesis dan pengujian biokimia fisik senyawa kationik porfirin sebagai kandidat anti kanker. Penelitian ini melibatkan kolaborasi dengan institusi internasional dan diharapkan dapat mendorong peningkatan jumlah publikasi internasional.
  3. Pengembangan turunan alkaloid kina sebagai selektor kiral dan kandidat obat anti malaria. Pengembangan turunan kuersetin sebagai kandidat obat antiinflamasi non steroid.
  4. Optimasi prosedur sintesis intermediet antibiotika beta-laktam.
  5. Pengembangan food additiveberbasis bahan alam, terutama zat warna dan antioksidan.
  6. Rekayasa kandidat vaksin TB dari protein mikobakterium. Dengan telah didirikannya TB center di Sekolah Farmasi diharapkan dalam waktu 5 tahun dapat mengajarkan  vaksin TB yang sangat dibutuhkan oleh negara-negara berkembang di Asia dan Afrika. Penelitian ini merupakan penelitian lintas KK di Sekolah Farmasi dan melibatkan peneliti dari perguruan tinggi lain di dalam dan luar negeri.

Program Unggulan Bidang Layanan

Memberikan layanan pengujian mutu berbagai produk, termasuk obat, kosmetik, makanan, perbekalan kesehatan rumah tangga, dan alat kesehatan non elektromedik tertentu.