Prof. Jessie Sofia Pamudji, Guru Besar Bidang Ilmu Farmasi Fisika dan Biofarmasi

Pada tanggal 22 Desember 2017, Prof. Jessie Sofia Pamudji menyampaikan orasi ilmiah sebagai guru besar baru Institut Teknologi Bandung dengan judul “Peran Farmasi Fisika dan Biofarmasi dalam Pembuatan Sediaan Farmasi yang Aman dan Berkhasiat”.

Dalam orasi ilmiahnya. Prof. Jessie Sofia Pamudji menekankan pentingnya peranan ilmu farmasi fisika dalam mengintegrasikan pengetahuan dasar farmasi dan membantu seorang farmasis dalam usahanya memprediksi hubungan antara kelarutan, kecepatan disolusi, stabilitas, ketercampuran bahan dengan aktivitas biologi suatu produk obat. Sedangkan ilmu biofarmasi memberikan gambaran mengenai bagaimana suatu obat dalam bentuk sediaan yang diberikan melalui rute tertentu bisa mencapai sirkulasi darah dan mencapai reseptor dalam konsentrasi tertentu dan memberikan efek farmakologi.

Sebagai penutup, Prof. Jessie Pamudji menyampaikan kontribusi keilmuan farmasi fisika dan biofarmasi pada skala industri yakni dalam membantu mencari solusi bagi industri farmasi dalam menyeleksi bahan baku, menyusun formula sediaan maupun menentukan teknik pembuatan sediaan farmasi.

Berita Terkait