Sidang Promosi S3 online dengan Universitas Groningen

Pandemik COVID-19 telah mengakibatkan perubahan yang mendasar dalam beraktivitas termasuk di dunia akademik. Salah satu kegiatan yang terdampak adalah sidang promosi S3. Sidang promosi S3 yang seharusnya terbuka bagi umum dengan terpaksa harus dilakukan secara terbatas (tanpa audien) atau bahkan dilakukan secara daring.

Pada hari Selasa tanggal 16 Juni 2020, Hegar Pramastya, salah satu dosen Sekolah Farmasi ITB mengalami pengalam monumental tersebut. Sidang terbuka yang sedianya dilaksanakan di Aula Gedung Akademik Universitas Groningen terpaksa dilakukan secara daring dari kampus ITB.

Sidang tersebut melibatkan promotor utama Prof. Dr. Wim Quax dari Universitas Groningen beserta Dr. Elfahmi dan Prof. Dr. Sukrasno sebagai ko-promotor dari Sekolah Farmasi. Program ini merupakan program doktor ganda antara Universitas Groningen dan ITB. Hadir sebagai penguji Prof. Dr. Jan Marten van Dijl, Prof. Dr. Mathew R. Groves, serta Prof. Dr. Katja Taxis dari Groningen, Prof. Dr. Dessy Natalia dari kelompok keahlian Biokimia ITB, Prof. Dr. Amarila Malik guru besar Bioteknologi dan Mikrobiologi Farmasi UI.

Sidang terbuka secara daring ini menjadi satu pembuktian bahwa di masa kini peranan media komunikasi digital dapat menjadi sarana alternatif untuk berbagai aktivitas.

Berita Terkait