Pelantikan Apoteker Tahun Ajaran 2011/2012

Bandung, 23 Mei 2012

 

Sekolah Farmasi ITB pada hari Rabu, 23 Mei 2012 melaksanakan acara Pengambilan Sumpah dan Pelantikan Apoteker periode Semester I 2011 – 2012 bertempat di Aula Barat, Jalan Ganesa 10, yang  dipimpin langsung oleh Dekan Sekolah Farmasi ITB, Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono,M.Sc.

Jumlah Apoteker yang dilantik pada periode tersebut adalah 39 [tiga puluh sembilan] orang, yaitu :

  1. Amadeus Sanda Layuk
  2. Andi Noor Sallam
  3. Andya Anggarini
  4. Annisa, S. Farm.
  5. Arif Hadiyanto
  6. Belinda Anggeriani Iwan
  7. Budi Eri Santoso
  8. Diah Yuli Pangesti
  9. Dinastiawati Dwi Ajeng
  10. Dominus MBunga
  11. Eduward
  12. Elisabeth Purwanti
  13. Elizabet Rinawati Banjarnahor
  14. Era Rahmi
  15. Eva Dania Kosasih
  16. Fellyza Yunisari
  17. Firdaus Tejo Rahardani
  18. Fitri Puspita Putri
  19. Gita Gitriani Fauziah
  20. Irene Natalie Inatama Sianturi
  21. Johan Kartono
  22. Kesit Afifah Cenderasari
  23. Lia Widyawati
  24. Maryam
  25. Nanang Adewina
  26. Neni Sri Gunarti
  27. Nurul Hidayati
  28. Pirhot Haholongan Napitupulu
  29. Reyza Hamida Praja
  30. Ridho Ali Reza
  31. Robertus Rinaldi Andrian
  32. Ruth Debora Tarigan
  33. Salman Muttaqien
  34. Shinta Putri Andansari
  35. Syahriani Rezki Amalia Yamang
  36. Triziya Firmana
  37. Vino Soaduon Hamonangan
  38. Yulia Cahyaningtyas
  39. Yullie Prawita Sarie

Setiap tahunnya, Sekolah Farmasi (SF) ITB menyelenggarakan program pendidikan profesi apoteker bagi sarjana (S1) bidang studi farmasi untuk menjadi Apoteker (Pharmacist). Sasaran pendidikan apoteker adalah tercapainya kompetensi apoteker sesuai dengan persyaratan nasional (Ikatan Sarjana Farmasi Indonesia) dan global (Federation Internationale Pharmaceutique / FIP). Dengan standar kompetensi tersebut, lulusan diarahkan sesuai minat bekerja di berbagai sektor kefarmasian : industri farmasi (formulasi, bahan baku), pelayanan kefarmasian (rumah sakit, apotek), regulasi (pengawasan, pembinaan, pengujian dan pemeriksaan), saintifik (penelitian dan pengembangan, pendidikan dan pelatihan), serta sektor lain yang berkaitan dengan kefarmasian.

Pada acara tersebut selain dihadiri oleh Rektor ITB, Dekan Sekolah Farmasi, Kepala Badan POM RI, Dirjen Binfar- Alkes dan Ketua BPP IAI, juga hadir orang tua apoteker serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekolah Farmasi ITB memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi tingkat Sarjana Sekolah Farmasi ITB 2012. Penghargaan ini diberikan kepada masing-masing 3 orang mahasiswa Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi dan Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas Sekolah Farmasi Tingkat S1.

Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian terhadap Indeks Prestasi Kumulatif, dan keinginan meningkatkan potensi diri (motivasi), keyakinan diri dan optimisme, keluwesan dalam bergaul dan kemampuan bahasa Inggris, kebugaran jasmani, serta aktivitas ekstra dan intrakurikulernya.

Untuk Program Studi Sains dan Teknologi Farmasi:

Peringkat ketiga mahasiswa berprestasi diraih oleh Mira Mutia Meirani, peringkat kedua oleh Hadiastri Kusumawardhani dan sebagai peringkat pertama mahasiswa berprestasi adalah Alexander.

Untuk Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas:

Peringkat ketiga mahasiswa berprestasi diraih oleh Bernard Manuel Haryadi, peringkat kedua oleh Hasna dan sebagai peringkat pertama mahasiswa berprestasi adalah Putri Rizkita.

Dekan Sekolah Farmasi ITB, berkenan menyerahkan penghargaan kepada para mahasiswa tersebut.

Selain itu telah dilaksanakan juga penyerahan penghargaan “Dexa Award” bagi Lulusan dengan IPK tertinggi Program Studi Profesi Apoteker Masa Pendidikan Maret 2011 sampai Februari 2012, kepada Sdr. Trizia Firmana (IPK 3.95) yang diserahkan oleh Dekan Sekolah Farmasi bersama-sama dengan Wakil dari PT. Dexa Medica Group.

Sedangkan Sdr. Robertus Rinaldi Andrian menerima penghargaan “Wardah Award” yakni sebagai Lulusan dengan Nilai Ujian Apoteker tertinggi pada ujian apoteker Semester I 2011/2012,  diserahkan oleh Ibu Dra Nurhayati, Apt  (merupakan Alumni Sekolah Farmasi ITB dan pendiri PT. Wardah) bersama-sama dengan Dekan Sekolah Farmasi ITB.

 

 

Berita Terkait