Sekolah Farmasi ITB Raih Gelar Juara Umum OFI 2013

Olimpiade Farmasi Indonesia kini telah memasuki tahun ke-lima dan untuk tahun ini diselanggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang pada tanggal 28-29 November 2013. Sekolah Farmasi ITB mengirimkan 15 wakilnya, yaitu 10 orang untuk bidang Farmasetika dan 5 orang untuk bidang Farmakologi. OFI tahun ini diikuti oleh 60 orang peserta bidang Farmasetika dan 76 peserta bidang Farmakologi yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia.

Babak penyisihan untuk masing-masing bidang diadakan pada hari Kamis, 28 November 2013. Peserta harus mengerjakan 10 soal essay mengenai topik yang telah ditentukan sebelumnya dalam waktu 120 menit. Keesokan harinya, yakni pada Jumat 30 November 2013 diumumkan 5 peserta yang berhasil masuk ke babak final untuk masing-masing bidang. Dan ternyata, 5 finalis bidang Farmasetika berasal dari SF ITB, yaitu Lukman, M Fauzan, Mulyani, Safira, dan Sion. Finalis bidang Farmakologi dari ITB diwakilkan oleh Permana Juliansyah, sedang peserta lainnya berasal dari Univ Indonesia, Univ Pancasila, dan Univ Surabaya. Babak final terdiri dari 3 tahap, yaitu tahap skrining resep, studi kasus, dan presentasi jurnal. Untuk peserta bidang Farmakologi juga ditambah tahap konseling obat.

Setelah melalui babak final yang menegangkan, akhirnya pada malam harinya diumumkan perolehan juara untuk tiap  bidang.

Bidang Farmasetika

Juara I            Lukman Tri Wibowo (STF 10)
Juara II           Mulyani Dwi Yanti (STF 10)
Juara III         M Fauzan Triandi (STF 10)

Bidang Farmakologi

Juara II           Permana Juliansyah (FKK 10)

Selain itu, Sekolah Farmasi ITB juga memperoleh gelar Juara Umum OFI 2013 dan memperoleh piala bergilir Dirjen Dikti. Wow! Bagaimana, Ars? Luar biasa sekali perjuangan kawan-kawan kita ini. Semoga menjadi inspirasi dan semangat bagi kita semua ya.  Selamat untuk para peserta

 

sumber : Situs HMF

Berita Terkait