“Sabtu Ceria Berbagi Bersama” oleh HMPF dan HIMAPASCA KAMIL

Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Farmasi (HMPF) ITB dengan Himapasca Keluarga Mahasiswa Islam (KAMIL) ITB mengadakan kegiatan kerjasama Bakti Sosial, Edukasi Kesehatan Anak dan Lomba Keislaman dengan nama acara “Sabtu Ceria Berbagi Bersama” pada hari sabtu, tanggal 10 Desember 2016, mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB. Kegiatan ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Cicayur, Desa Cimenyan, Kab. Bandung. Dengan jumlah peserta siswa SD N 1 dan 2 Cicayur sebanyak ± 339 anak dan jumlah gabungan panitia dari HMPF dan KAMIL sebanyak ± 46 mahasiswa.

Tujuan dari dilakukannya beragam kegiatan bersama ini, yaitu: a). Bakti Sosial, bertujuan memberikan bingkisan makanan jajanan sehat bagi masing-masing siswa SD dan sejumlah buku islami bagi perpustakaan SD N 1 dan 2 Cicayur; b). Edukasi Kesehatan Anak, sebagai bentuk upaya meningkatkan kesadaran anak-anak terhadap kebersihan diri dan lingkungan agar lebih aktif menjaga diri dan lingkungannya sehingga mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya masing-masing dan mewujudkan lingkungan sehat; dan c). Lomba-Lomba Keislaman, bertujuan memberikan pengetahuan dan meningkatkan kembali minat/ motivasi, kreativitas diri dan prestasi anak-anak dalam mempelajari agama Islam.

Rangkaian acara “Sabtu Ceria Berbagi Bersama” yang dilaksanakan, meliputi:

  1. Pembukaan yang disampaikan oleh Moderator (MC)
  2. Doa Pembuka oleh Rahmat Hidayat, S.Si.
  3. Pemberian Kata-Kata Sambutan, oleh: Perwakilan Kepala Sekolah SD Negeri 1 dan 2 Cicayur, Desa Cimenyan, Kabupaten Bandung., Ketua Himapasca KAMIL, yaitu: Firdha Alam Cahaya, S.Si., Ketua Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Farmasi (HMPF), yaitu: Purnawan Putra Pontana, S.Si., Apt.
  4.  Acara Sesi ke-I (dari HMPF), yaitu: Edukasi Kesehatan Anak untuk seluruh siswa gabungan SD N 1 dan 2 Cicayur dari kelas 1-6. Edukasinya terdiri dari: Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan Edukasi Perlindungan Anak dari Bahaya Kejahatan Seksual. PHBS meliputi: membiasakan anak membuang sampah dengan benar, memilih jajanan sehat dan cara cuci tangan yang baik (air bersih yang mengalir dan sabun). Edukasi Kesehatan Anak ini diakhiri dengan pemberian bingkisan jajanan sehat dan beberapa hadiah bagi siswa yang interaktif
  5. Acara Sesi ke-II (dari KAMIL), yaitu: Lomba-Lomba Keislaman, yang terdiri dari: Lomba Cerdas Cermat, Lomba Hapalan Al-Qur’an dan Lomba Ceramah. Dilanjutkan dengan pemberian Piagam Sertifikat dan hadiah bagi para pemenang Lomba Keislaman (bagi seluruh peserta tetap mendapat sertifikat keikutsertaan) dan diakhiri pemberian Piagam bagi para Juri.
  6. Acara Sesi ke-III, yaitu: pemberian Plakat kepada Sekolah Dasar Negeri 1 dan 2 Cicayur atas apresiasinya dan pemberian izinnya terhadap pelaksanaan kegiatan kita.
  7. Istirahat, shalat dan makan (Ishoma) di Masjid dekat SD N 1 dan 2 Cicayur serta Evaluasi Kegiatan Bersama.
  8. Pengakraban seluruh panitia dari HMPF dan KAMIL selama ± 1 jam di tempat Wisata Alam Bukit Moko (Bukit Bintang, Dermaga Bintang dan Patahan Lembang).

Terima kasih sebelumnya kepada Sekolah Farmasi (SF), rekan-rekan donatur dan para mahasiswa pascasarjana SF dari tiap-tiap Kelompok Keilmuan yang telah memberikan bantuan, baik berupa dana maupun materi/ barang. Semoga diberikan  balasan kebaikan yang lebih baik oleh Allah Swt. Dan juga tidak lupa, semoga jalinan silaturahmi dan kebersamaan dari seluruh rekan HMPF dan Himapasca KAMIL setelah kegiatan ini dapat terus terjaga serta hasil dari kegiatan bersama ini menghasilkan nilai manfaat baik bagi para panitianya sendiri maupun bagi seluruh siswa binaannya.

Berita Terkait