Program Pertukaran Pelajar SF ITB

Sekolah Farmasi ITB dan Himpunan Mahasiswa Farmasi ITB secara resmi menerima 16 mahasiswa asing dari 10 negara berbeda dalam program pertukaran pelajar (Student Exchange Programme), yang merupakan program rutin International Pharmaceutical Student’ Federation (IPSF) dan HMF ITB adalah salah satu anggotanya. Program ini dilaksanakan oleh setiap tahunnya pada liburan musim panas yang menjadi sarana pertukaran informasi dan tempat untuk menambah pengalaman dan pengetahuan para pelajar tentang keadaan dunia kefarmasian dari seluruh dunia. Tahun ini, terdapat 20 mahasiswa dari ITB yang berkesempatan pergi ke negara pilihan sendiri.

21 Juli-8 Agustus 2017

No. Nama Lengkap Negara Asal Bidang penelitian
1 Mostafa Maher Abozeid Egypt Farmakokimia
2 Mahmood Hassan Tamer Egypt Farmakokimia
3 Adela Čambalová Czech Republic Farmakognosi
4 Dominika Studená Czech Republic Bioteknologi
5 Danilo Nenad Djokic Serbia Farmakologi
6 Almudena Enguita Spain Mikrobiologi
7 Sanaria Hawro Yakoob Germany Farmakokimia
8 Karama Rekik Tunisia Bioteknologi
9 Thomas Le Baquer France Bioteknologi
10 Tiffany Debroux France Farmakognosi
11 Louise Bordage France Farmakognosi
12 João Magina Portugal Farmakokimia

18 Agustus- 4 September 2017

No. Nama Lengkap Negara Asal Bidang penelitian
1 Ashwak Shaaban Taha Abdelaty Egypt Farmakologi
2 Li Ying Malaysia Farmasetika
3 Fehmi Kerrou Tunisia Bioteknologi
4 Siwar Tunisia Farmasetika

Welcoming party diadakan untuk menyambut kedatangan mahasiswa asing, memperkenalkan kebudayaan Indonesia, kampus ITB, Sekolah Farmasi, dan panitia pertukaran pelajar yang akan menemani mahasiswa selama berada di Indonesia. Mahasiswa asing melakukan penelitian selama satu bulan di laboratorium farmakognosi, farmakokimia, farmakologi, farmasetika, bioteknologi, dan mikrobiologi yang dibimbing langsung oleh dosen-dosen kelompok keilmuan terkait. Kegiatan ini diakhiri dengan presentasi hasil penelitian.

Selain melakukan penelitian, setiap akhir pekan mahasiswa akan diajak berkeliling Bandung, ke tempat-tempat wisata dan bersejarah di kota Bandung seperti kawah putih, stone garden, lembang, pemandian air panas, dan lainnya. International night adalah salah satu acara yang juga diadakan sebagai acara keakraban, dimana setiap mahasiswa wajib memasak dan memperkenalkan makanan khas negaranya. Ketika akan pulang ke negaranya masing-masing, SEP team ITB menyiapkan Farewell Party untuk mengucapkan selamat tinggal. Hasil evaluasi dari IPSF terhadap kinerja tiap-tiap asosisasi menyatakan bahwa HMF ITB memiliki skor evaluasi 88% keberhasilan.

Berita Terkait