Prestasi Delegasi ITB Dominasi Olimpiade Farmasi Indonesia

1478046511815

BANDUNG, itb.ac.id – Sepuluh delegasi Sekolah Farmasi ITB (SF ITB) berhasil mempertahankan trofi bergilir Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen DIKTI) sebagai juara umum pada Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) VIII di Padang. Mereka adalah Albertus Ivan, Bagus Triyanto, Citta Santi, Hani Zahratunnisa, Vani Lestari dari Sains dan Teknologi Farmasi (STF) dan Hana Fathin, Melissa Stefani, Mirna Nurfitriani, Stella Harlim, dan Vania Olga dari Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK). Perolehan predikat juara umum yang telah dipertahankan selama dua tahun berturut-turut merupakan hasil akumulatif prestasi yang sukses direbut delegasi SF ITB. Bagus Triyanto (STF 13) sukses menyabet gelar juara 1 pada bidang Farmasi Sains, Albertus Ivan (STF 13) sebagai juara 2 bidang Farmasi Sains, dan Vania Olga (Farmasi Klinik dan Komunitas 13) sebagai juara 3 bidang Farmasi Klinik. Olimpiade nasional kedelapan yang diadakan di Universitas Andalas, Padang dari Sabtu – Senin (29-31/11/16) ini merupakan ajang kompetisi tahunan yang diadakan oleh Komite Olimpiade Farmasi Indonesia (KOFI).

Menurut Sofyan, S.Si., M. Farm., Apt selaku ketua KOFI pada pidato pembuka menyampaikan bahwa Olimpiade Farmasi Indonesia VIII ini diadakan untuk menjalin silaturrahmi antarmahasiswa farmasi se-Indonesia dalam wadah kompetisi nasional. Olimpiade tahun ini melibatkan 102 mahasiswa dari 23 universitas di Indonesia yang terbagi menjadi 56 peserta bidang Farmasi Sains dan 56 peserta bidang Farmasi Klinik. Sistem olimpiade yang dirancang KOFI berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini terdapat tiga tahapan kompetisi yang harus ditempuh, yaitu babak penyisihan untuk memilih 10 peserta terbaik, babak semifinal untuk memilih 5 finalis, dan babak final untuk memperebutkan gelar juara.

Selain kegiatan olimpiade, KOFI pun mengadakan pemilihan Putra dan Putri Farmasi Indonesia (PPFI) 2016 sebagai perwakilan mahasiswa dan mahasiswi farmasi Indonesia yang peka terhadap isu kesehatan lokal maupun global. Tahun ini, PPFI 2016 mengusungkan tema ‘Darurat Antibiotik’ sebagai isu kesehatan yang diperlombakan. Delegasi SF ITB pun berhasil mendominasi dalam PPFI ini, Bagus Triyanto (STF 13) dan Vani Lestari Pratiwi (STF 13) menyandang gelar Putra dan Putri Farmasi Indonesia.

 

Citta Santi (STF 13)

Berita Terkait