Memacu Kemajuan Dunia Farmasi Indonesia, Sekolah Farmasi ITB Adakan Workshop Pemodelan Molekul

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai bukti kepedulian pada perkembangan dunia farmasi Indonesia, Sekolah Farmasi (SF) ITB, dalam rangkaian Perayaan 70 tahun Pendidikan Farmasi ITB, menyelenggarakan Workshop Pemodelan Molekul pada Kamis dan Jumat (30-31/03/17). Workshop ini mengangkat tema “Identifikasi Senyawa Bahan Alam dengan Protokol Skrining Tervalidasi”. Workshop ini diadakan di Ruang Edukatorium, Lantai 4 SF ITB.

Workshop ini mendatangkan beberapa pakar pemodelan molekul Indonesia, diantaranya Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, M.Sc. sekalu dekan Sekolah Farmasi ITB, Dr. Enade Perdana Istyastono, serta Dr. M. Yusuf. Para pakar berbagi kepada para peserta mengenai berbagai aplikasi pemodelan molekul. Pada hari pertama, materi yang disampaikan diantaranya perkembangan aplikasi pemodelan molekul di Indonesia dan validitas SBVS COX2. Dilanjutkan di hari kedua, materi yang disampaikan diantaranya database senyawa alami dan In Silico De Novo Design. Sesi hands on selalu diadakan untuk para peserta di setiap akhir sesi materi agar para peserta dapat mengaplikasikan materi yang telah disampaikan.

Selain acara workshop pemodelan molekul ini, Perayaan 70 tahun Pendidikan Farmasi ITB juga menyelenggarakan acara lainnya, yakni Seminar Nasional dan Internasional, Pameran, Bakti Sosial, Open House, dan Alumni Home Coming. Rangkaian acara tersebut sudah berjalan dari Januari hingga Oktober 2017. Workshop yang dilakukan pun bukan hanya workshop pemodelan molekul, ada juga workshop Safety Induction, workshop RT-PCR, serta workshop halal Pharmaceuticals.

Peringatan 70 tahun Pendidikan Farmasi ITB diharapkan menjadi wahana untuk mengenang sejarah, menggali potensi, dan digunakan sebagai acuan dalam mengembangkan Sekolah Farmasi di masa depan yang sarat dengan perubahan. Dengan memajukan pendidikan farmasi di Indonesia, diharapkan dunia farmasi, baik dari sisi penelitian maupun industri, dapat berkembang semakin pesat dan membawa Indonesia menjadi negara yang semakin maju.

Sumber gambar : Website Sekolah Farmasi ITB

Rifqi Aufa (Teknik Kimia 2014)
ITB Journalist Apprentice 2017

Berita Terkait