Mahasiswa SF 2013 Ajak Siswa SD untuk Hidup Sehat

BANDUNG, itb.ac.id – Sebagai satu-satunya sekolah di ITB yang berbasis kesehatan,¬† Sekolah Farmasi memiliki concern khusus terhadap permasalahan kesehatan terutama untuk anak-anak. Sebagai langkah konkret oleh Mahasiswa Sekolah Farmasi (SF) angkatan 2013, acara bertajuk “Aku Anak Sehat” diadakan di SDN Cisitu 1 dan SDN Cisitu 2 pada Senin (26/05/14). Walau hujan sempat turun, acara ini akhirnya dapat dimulai pada pukul 8 pagi. Seluruh siswa kelas 3 dipandu oleh beberapa mahasiswa untuk berkumpul di lapangan. Mereka semua tampak antusias melihat setting lapangan untuk kegiatan trip pos kesehatan

Menurut Mario Bimo (Sekolah Farmasi 2013), selaku ketua pelaksana, Aku Anak Sehat adalah salah satu bagian dari kegiatan ospek jurusan di fakultas mereka. Awalnya, tema yang ingin diangkat adalah tentang makanan sehat. Namun setelah mengetahui kebutuhan anak-anak di SD tersebut dari bapak dan ibu guru, akhirnya pihak panitia memutuskan untuk membahas tentang kesehatan tubuh. Kesehatan tubuh itu sendiri dibagi atas empat subtema yaitu kesehatan gigi, perut, kulit, dan mata. Para siswa mendapatkan materi tersebut dengan berkunjung ke pos-pos yang telah ditata sedemikian rupa di lapangan.

“Kami berharap mereka sadar akan kesehatan tubuh. Banyak guru yang bilang kalau mereka belum memperhatikan kebersihan demi kesehatan mereka. Semoga dengan mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi yang hadir sadar akan pentingnya arti sehat,” ucap Mar

Ada empat pos yang telah disiapkan oleh panitia di keempat sisi lapangan, yaitu gigi, perut, kulit, dan mata. Mahasiswa SF 2013 menyampaikan langsung materi kesehatan dengan cara yang fun dan interaktif. Para siswa yang hadir pun tampak antusias dan memperhatikan dengan serius. Mereka belajar banyak hal seperti cara mencuci tangan yang benar, menggosok gigi yang baik, dan jenis-jenis makanan sehat.

Dengan diadakannya acara Aku Anak Sehat, Ketua Angkatan SF 2013 pun mempunyai harapan sendiri baik untuk siswa SDN Cisitu 1 dan 2 maupun mahasiswa SF 2013 sendiri. “Saya berharap bahwa setelah mengikuti kegiatan ini, siswa-siswi yang hadir semakin meningkatkan kualitas kesehatan. Ini adalah langkah awal kami untuk terjun ke masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga tentunya diharapkan dapat lebih menyatukan kami lagi sebagai satu angkatan, SF 2013,” ujar Kurnia Permadi (Sekolah Farmasi 2013).

Salah seorang guru menyampaikan ucapan terima kasih mewakili Bapak dan Ibu Kepala Sekolah SDNCisitu 1 dan 2 yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti pelatihan Kurikulum 2013. Beliau menyambut dengan gembira kehadiran mahasiswa SF 2013 di sekolah. “Mudah-mudahan kehadiran mahasiswa dapat menjadi semangat bagi anak-anak. Semoga anak-anak bisa hidip sehat dan menjadi anak yang kuat. Terima kasih kepada mahasiswa sekalan. Mudah-mudahan acara ni terus berjalan. Mahasiswa dari jurusan lain juga silahkan berkunjung kemari,” tuturnya.

 

 

sumber “Berita ITB”

Berita Terkait