Kunjungan ke Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Jakarta

Untuk menunjang pembelajaran mata kuliah Farmasi Klinik Dasar, mahasiswa Program Studi Farmasi Klinik dan Komunitas (FKK) ITB angkatan 2013 mengadakan kunjungan ke Rumah Sakit Anak dan Bunda (RSAB) Harapan Kita, Jakarta pada hari Kamis, 16 Februari 2017. Kuliah lapangan diikuti 37 mahasiswa dan didampingi 3 dosen pembimbing, yaitu Dr. rer. nat. Sophi Damayanti, M.Si., Apt., selaku Kaprodi FKK ITB serta Dr. Lia Amalia, Apt. dan Zulfan Zazuli, M.Farm., Apt. selaku dosen pengajar mata kuliah Farmasi Klinik Dasar.

Kunjungan diawali dengan pengenalan sistem farmasi rumah sakit oleh Heny Safarini, M.Si., Apt. selaku Kepala Instalasi Farmasi RSAB Harapan Kita. Setelah sesi pengenalan selesai, mahasiswa dibagi ke dalam 2 kelompok besar untuk mengunjungi beberapa depo farmasi di rumah sakit tersebut, di antaranya Depo PONTAS, OK – NICU, Rawat Inap – Rawat Jalan – IGD, dan Aseptic Dispensing.

Setelah mengunjungi depo-depo farmasi di RSAB Harapan Kita, diadakan sesi tanya jawab seputar materi yang telah diberikan. Beberapa pertanyaan yang diajukan terutama terkait peran apoteker dan manajemen sumber daya di rumah sakit tersebut. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama pihak Apoteker RSAB Harapan Kita.

Berita Terkait