Kuliah Lapangan FKK 2015ke RS MRCCC Siloam – Semanggi

Pada hari Rabu tanggal 15 Agustus 2018 telah dilaksanakan kunjungan mahasiswa Program Studi Farmasi Klinik-Komunitas (FKK) ke Rumah Sakit Muchtar Riyadi Comprehensive Cancer Center (MRCCC) Siloam – Semanggi. RS MRCCC Siloam merupakan salah satu rumah sakit dari Siloam group yang berfokus pada penanganan kanker, terletak di daerah Semanggi.

Dengan adanya kunjungan ini diharapkan mahasiswa memiliki gambaran tentang lingkup kerja pelayanan farmasi di rumah sakit sehingga dapat menimbulkan motivasi untuk berkontribusi dan berkarir di rumah sakit. Kunjungan dilaksanakan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu persiapan mahasiswa dalam mengikuti mata kuliah Farmasi Klinik Dasar di semester 7.

Pada kunjungan tersebut rombongan disambut oleh Bapak Ferdinand dari Bagian Diklat-HRD RS yang memberikan pemaparan terkait sejarah, fasilitas dan pelayanan RS MRCCC. Salah satu kekhususan yang dimiliki RS MRCCC adalah terdapatnya ruang perawatan khusus onkologi, ruang kemoterapi serta ruang penyiapan khusus sediaan farmasi sitotoksik. Setelah dilakukan penjelasan terkait rumah sakit, dilakukan pula pemaparan terkait pekerjaan kefarmasian khususnya pelayanan farmasi klinik yang telah dilaksanakan di RS tersebut  oleh Alexander Vania Andi, M.Si., Apt.,- salah seorang apoteker farmasi klinik yang juga merupakan alumni dari Prodi FKK Sekolah Farmasi-ITB. Dalam kesempatan tersebut rombongan disambut juga oleh apoteker farmasi klinik lainnya yang juga lulusan SF-ITB, yaitu Yovita Diane Titiesari, M.Sc. Apt. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas pelayanan khususnya ruang peracikan obat non sitotoksik dan sitotoksik dan ke ruang perawatan.

Berita Terkait