ITB kembali meraih Juara Umum pada Olimpiade Farmasi Indonesia III di Padang

Di Fakultas Farmasi Universitas Andalas, Padang – Sumatera Barat;  sejak tanggal 23 September 2011 hingga 25  September 2011 lalu telah diselenggarakan acara Olimpiade Farmasi Indonesia  III (OFI III) yang diikuti oleh 16 [enam belas] Perguruan Tinggi dari seluruh Indonesia dengan jumlah delegasi 69 orang, termasuk dari ITB.

ITB  diwaliki oleh tim OFI dari  HMF-Sekolah Farmasi ITB yang terdiri atas 6 [enam] mahasiswa ditambah satu dosen pembimbing [Dr. Ilma Nugrahani] yaitu :

1. YUDA PRASETYA NUGRAHA/10708032/STF
2. ALYANI SAMHANA /10708029/STF
3. EGY CHANDRA /10708084/STF
4. ADHITYA JESSICA /10708041/STF
5. BERNARD MANUEL /11608018/FKK
6. LARASATI ARRUM /11608030/FKK

Tim OFI berhasil membawa pulang Trophy Juara Umum dengan menggondol medali emas (Yuda Prasetya) dan perak (Egy Chandra) di bidang Farmasetika. Tahap I adalah test tertulis, diambil 5 finalis.  Tim HMF ITB berhasil meloloskan  2 finalis dan bahkan keduanya keluar jadi pemenang  pada tahap final. Dengan demikian tim HMF-Sekolah Farmasi ITB  berhasil memenangkan juara umum selama dua kali berturut-turut  (OFI baru dua kali), yang pertama diadakan di Uhamka tahun 2010.

Selamat….

Berikut : kutipan berita yang dikutip dari sumber : situs penyelenggara olimpiade

—————

Padang, 23 September 2011

 

bertempat di Gedung Seminar F, Kampus Limau Manis acara pembukaan OFI III dilaksanakan. Para delegasi dari berbagai Universitas seluruh Indonesia, petinggi Universitas Andalas, dan perwakilan dari Walikota Padang disambut dengan tari pasambahan khas minang. Acara secara resmi dibuka oleh perwakilan dari Walikota Padang bidang  Pengembangan, hadir juga Pembantu Rektor III, yaitu Bapak Prof. Dr. H. Novesar Jamarun, M.Si.. Selain itu dari Fakultas Farmasi hadir Dekan Fakultas Farmasi Dr. Muslim Suardi, M.Si., Apt. dan Ketua Komite Olimpiade Farmasi Indonesia (KOFI) yang juga merupakan staff dosen di Farmasi Unand, yaitu Syofyan, S.Si. M.Farm., Apt.

Selesai pembukaan, para delegasi beristirahat sejenak dan tepat pada pukul 14.00 wib, Lomba Tahap I OFI III dimulai. Soal yang langsung dikelola oleh KOFI benar-benar dirahasiakan bahkan dari panitia. Peserta yang berjumlah 69 orang dari 16 Perguruan Tinggi di Indonesia bersaing membawa nama Perguruan Tinggi nya masing-masing.

Malam harinya (23/9), diadakan acara malam keakraban. Seluruh delegasi, dosen pembimbing, dan panitia makan malam di Rumah Makan baselo, Lubuk Idai, Khatib Sulaiman, Padang. Ini merupakan rangkaian acara yang telah disusun oleh panitia untuk ajang keakraban sesama peserta, maupun antara peserta dan panitia.

Padang, 24 September 2011

bertempat  di Ruang seminar Hotel Bunda ; final Olimpiade Farmasi Indonesia III atau yang disingkat dengan OFI III berjalan lancar walaupun ada sedikit keterlambatan waktu dari yang ditentukan sebelumnya. Lima orang dari masing-masing bidang yang dilombakan, yaitu Farmakologi/ Farmasi Klinis dan Farmasetika memasuki babak final dari Olimpiade Farmasi Indonesia.

Untuk bidang Farmasetika :

  1. Egy Chandra dari ITB
  2. Malihatur Rosyidah dari Universitas Prof. Dr. Hamka
  3. Riana Cahyani dari Unveritas Surabaya
  4. Shafa Nabilah dari Universitas Pancasila
  5. Yuda Prasetya N. dari ITB

Untuk bidang Farmakologi/ Farmasi Klinis :

  1. Benny Setiawan dari Universitas Surabaya
  2. Erliana dari Universitas Pancasila
  3. Lailaturrahmi dari Universitas Andalas
  4. Marcella Pradita dari Universitas Sanata Dharma
  5. Sari Utami Frilian dari Universitas  Andalas

 

Lomba tahap II atau final Olimpiade Farmasi Indonesia kali ini terbagi menjadi 3 putaran. Putaran I, peserta diberikan masing-masing 5 pertanyaan dan apabila tidak terjawab dilemparkan ke peserta berikutnya hingga 2 kali lemparan. Putaran II, terdiri dari 10 pertanyaan rebutan dan setiap jawaban benar bernilai 100, apabila salah -50 . Putaran III, merupakan pertanyaan analisis dengan jawaban benar bernilai 100 apabila salah 0.

 

Keluar sebagai Juara dari bidang Farmasetika adalah :

Juara I                    Yuda Prasetya N. – Institut Teknologi Bandung

Juara II                  Egy Chandra – Institut Teknologi Bandung

Juara III                Shafa Nabilah – Universitas Pancasila

 

Sedangkan untuk bidang Farmakologi, keluar sebagai juara adalah:

Juara I                    Benny Setiawan dari Universitas Surabaya

Juara II                  Marcella Pradita dari Universitas Sanata Dharma

Juara III                Lailaturrahmi dari Universitas Andalas


Acara Penutupan Olimpiade Farmasi Indonesia III di Universitas Andalas sekitar pukul 16.15 wib di Ruang Seminar Hotel Bunda, Padang. Dalam rangkaian acara penutupan diumumkan pula sebgai Juara Umum untuk OFI III ini diraih Institut Teknologi Bandung (ITB) dan piala bergilir yang sebelumnya dikirimkan ke Padang dari Bandung mau tak mau dikirim kembali ke Bandung.

Sebagai persembahan panitia OFI III untuk para delegasi, hari ini (25/9) para delegasi diajak untuk berkeliling kota Padang, untuk melihat kota Padang yang kujaga dan kubela oleh urang Minang.

Selamat kepada para Juara dan delegasi-delegasi lain yang telah menjadi terbaik dari Institusi nya masing-masing karena sesungguhnya anda telah menjadi juara. Mohon maaf dari kami selaku panitia  dan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Andalas apabila banyak kekurangan di sana-sini selama proses acara, namun percayalah inilah yang terbaik dari kami.

========== berita terkait==

 

Berita Terkait