Dr. Heni Rachmawati, Juara II Ristek Kalbe Science Award tahun 2014

Kementerian Riset dan Teknologi bekerjasama dengan PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) menyelenggarakan penganugerahan Ristek Kalbe Science Award (RKSA) dan Kalbe Junior Science Award (KJSA) yang berlangsung pada hari Minggu, 14 September 2014 bertempat di Hotel Four Seasons, Jakarta. Acara penganugerahaan ini dihadiri oleh Menteri Riset dan Teknologi, Gusti Muhammad Hatta dan Presiden Indonesia ke-3 Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie.
Tahun 2014 merupakan keempat kalinya Kementerian Riset dan Teknologi bersama PT Kalbe Farma Tbk. (Kalbe) menyelenggarakan acara dua tahunan Ristek Kalbe Science Award (RKSA) yang dimulai tahun 2008 lalu. “Bersama dengan Kementerian Riset dan Teknologi, Kalbe percaya akan pentingnya meningkatkan pemahaman akan dunia science sehingga masyarakat semakin menyadari betapa besar peranan science dalam mendukung terciptanya kemajuan yang berkelanjutan, kemandirian, serta kemakmuran bagi bangsa,” ujar Irawati Setiady, Presiden Direktur PT Kalbe Farma Tbk.
Kalbe Farma berupaya berperan aktif bagi dunia penelitian Indonesia melalui penghargaan kepada para peneliti muda yang memiliki ambisi dalam bidang riset. Kalbe Farma memiliki visi menjadi perusahaan kesehatan Indonesia yang di dorong oleh inovasi merk yang kuat serta tata kelola yang baik. Menteri Riset dan Teknologi (Menristek), Gusti Muhammad Hatta menyampaikan sambutannya pada kesempatan tersebut. “Anak – anak kita masih SD tapi sudah sangat luar biasa prestasinya. Saya melihat, bahwa banyak anak bangsa yang hebat, masalahnya hanya tidak ada kesempatan sehingga bakat atau keahlian yang mereka miliki tidak tersalurkan, sangat sayang sekali. Saya apresiasi PT Kalbe Farma yang dalam hal ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk memunculkan bakat – bakat yang terpendam atau keahlian yang mereka miliki,” ujarnya.
Menristek juga menyampaikan program dari Kementerian Ristek dan Teknologi, yaitu program Technopreneurship Pemuda. Program ini memberikan kesempatan kepada para pemuda/i Indonesia untuk berkreasi. Dimana akan diundang lalu di pilih 50 / 60 orang dan dilatih untuk berwirausaha dalam bidang teknologi, karena dengan teknologi diyakini dapat mendapat nilai tambah. Dan dari yang dilatih akan dipilih lima orang terbaik dan diberikan dana untuk berwirausaha.
Adapun pemenang favorit KJSA 2014 adalah Eveline Maghfiryani A, dari semarang, sedangkan delapan pemenang lainnya adalah Sero Bayu Aji Langlang Jagad dan Ridwan Kuasa Samudra Singajaya dari Bogor, Magfira Wahyu Febrianty dari Jember, Najiyah Nurul Faizah dan Nur Alfia Rahmah dari Bogor, Farrel Hung dari Bandung, Edward Pandji dan David dari Surabaya, Laurentia Holly dan Chelsea Victoria dari Bandung, Pebri Kristian Yafet dan Minarti dari Kapuas Hulu, Tomoji Hamay Kusuma dan Dhafin Fadhlan Kamal dari Bandung.
Sementara pemenang RKSA untuk kategori Best Research Award adalah Prof. Dr. Edy Meiyanto, Apt., M.Si. dari Universitas Gajah Mada (Juara I), Dr. Heni Rachmawati, Apt., M.Si. dari Institut Teknologi Bandung (Juara II) dan Dr. drh. NLP Indi Dharmayanti, M.Si. dari Balai Besar Penelitian Veteriner, Kementerian Pertanian, Bogor (Juara III). Untuk kategori Young Scientist Award dimenangkan oleh Dr. Gunadi, Ph.D. dari Universitas Gajah Mad.
Dalam acara ini juga turut dihadiri oleh BJ Habibie, Deputi Bidang Relevansi Iptek, Agus Puji Prasetyo; Deputi Bidang Pendayagunaan Iptek, Pariatmono; Staf Ahli Menristek Bidang Energi dan Material Maju, Idwan Suhardi; Staf Ahli Menristek Bidang Teknologi Informasi, Komunikasi dan Transportasi, I Wayan Budiastra; Asdep Jaringan Penyedia dengan Pengguna, Sri Setiawati; Asdep Iptek Pemerintah, Prakoso; Asdep Iptek Industri Strategis, Lenggogeni. (humasristek)

 

Sumber : http://www1.ristek.go.id/index.php/module/News+News/id/14933

Berita Terkait