Bincang Santai HMPF dengan Dekan SF ITB

Pada Hari Selasa, Tanggal 17 Januari 2017 diadakan bincang santai HMPF (Himpunan Mahasiswa Pascasarjana Farmasi), menghadirkan Dekan Sekolah Farmasi, Prof. Dr. Daryono Hadi Tjahjono, Apt. Bertempat di ruang edukatorium lantai 4. Dimulai pada Jam 14.00 sampai jam 16.00. Kegiatan ini dihadiri oleh 35 orang yang terdiri dari mahasiswa pascasarjana magister dan doktor SF ITB, Alumni dan Mahasiswa UNPAD.

Bincang santai ini dibuka oleh ketua HMPF Purnawan dari Kelompok Keilmuan Farmakokimia dan di Moderatori oleh Rosita Handayani dari Kelompok Keilmuan Bahan Alam. Menurut Rosita, Bincang santai atau Rumpi ini rutin diadakan tiap minggu dengan berbagai tema seperti bidang kepenulisan ilmiah seperti penggunaan mendeley, cara penulisan jurnal ilmiah, persiapan pra nikah dan obrolan santai masalah penggunaan make up by artist.

Dalam materinya Pak Daryono Memaparkan perkembangan farmasi di dunia, perbedaan sistem sarjana dan apoteker di luar negri terutama waktu studi yang berbeda dan alasan perbedaan tersebut. Dipaparkan juga mengenai perkembangan farmasi di Indonesia, Pak Daryono Merupakan Ketua Asosiasi Perguruan tinggi farmasi Indonesia.

Materi inti yaitu membahas perkembangan generasi didunia dimulai dari generasi X,Y,Z yang memiliki latar pemikiran, lingkungan dan perkembangan emosional yang berbeda-beda, dalam perkembangannya kehidupan pada abad milenial ini memerlukan kecepatan dalam menganalisis masalah, dimana masalah yang berkembang semakin rumit, perkembangan dunia sejak 1980 adalah perkembangan kreatif, manusia kreatif diperlukan dalam memecahkan masalah. Mahasiswa pascasarjana harus memiiki kemampuan yang kreatif, kemampuan intuisi dalam memecahkan tiap masalah.

Perguruan tinggi harus menjadi bagian perubahan dalam riset, industri, dan sosial kemasyarakatan seperti kampus Massachusetts Institute of Technology (MIT), Selanjutnya dipaparkan mengenai aturan dan perkembangan penelitian di lingkup Sekolah Farmasi ITB, yang memiliki Roadmap penelitian yang harus diikuti oleh Mahasiswa apa bila ingin mengerjakan penelitian dari dosen. Setelah pemaparan materi dilanjutkan sesi tanya jawab oleh peserta, dan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan hadiah untuk peserta. Diharapkan kegiatan ini Bincang santai rutin ini dilaksanakan setiap pekan dengan tema yang menarik.

 

 

Berita Terkait